Penyakit Impetigo

Penyakit Impertigo adalah infeksi kulit yang umum.Jika kulit terasa gatal kemudian digaruk, bakteri bisa masuk ke kulit dan menyebabkan impetigo.Bakteri biasanya masuk ke bagian dalam kulit melalui kulit yang sobek. Setelah itu bakteri akan masuk ke kulit bagian dalam mereka tumbuh dan berkembang biak menyebabkan lepuhan. Biasanya lepuhan menjadi penuh nanah dan pecah meninggalkan kerak.

Penyakit Impetigo

Penyakit Impetigo

Impetigo biasanya disebabkan oleh bakteri streptococcus. Virus ini ada didalam lingkunagn secara umum dan pada permukaan kulit. Walaupun bisa terjadi pada; orang dewasa, impetigo biasanya ditemukan pada  anak berusia 2-5 tahun. Hal ini disebabkan karena tidak menjaga kebersihan badan yang kurang dan bisa muncul pada bagian tubuh mana saja dan paling sering ditemukan pada bagian wajah, lengan dan tungkai, bahkan impetigo juga bisa menyerang bagian kulit yang normal, dan terutama pada bagian tungkai anak-anak. Pada orang dewasa, imptigo biasanya terjadi setelah menderita penyakit kulit yang lainnya, dan selalu suatu infeksi saluran pernafasan atas misalnya seperti flu atau juga infeksi pada virus yang lainnya, setelah suatu cedera atau suatu keadaan yang menyebabkan robekan pada kulit (misalnya yang terjadi pada infeksi jamur, luka bakar akibat sinar matahari, atau juga akibat dari serangan gigitan serangga).

Penyebab dari penyakit impetigo adalah Bakteri Streptococcus dan Staphylococcus. Impetigo tidak sama dengan herpes kulit. Herpes kulit disebabkan karena virus HSV dan gejala herpes kulit juga berbeda dengan imptigo walaupun hampir sama. Pengobatan yang dilakukan pada penyakit herpes kulit dengan impetigo juga tidak sama. Walaupun herpes kulit dan impetigo sama-sama merupakan penyakit kulit yang menular, namun mempunyai perbedaan satu sama lain.

Gejala Impetigo

Impetigo muncul seperti ruam pada bagian mana pun tubuh dan paling sering terjadi di wajah.Ruamnya bisa melepuh, merah dan berkerak seperti madu. Bagian tepi ruam biasanya tajam. Ruam biasanya agark nyeri dan gatal.

Gatal yang muncul tadi disebabkan oleh adanya serangan Staphylococciusaureus yang bisa menghasilkan sejumah produk seluler dan ekstraseluler termasuk exotoxins dan juga coagulase yang bisa memberikan sumbangan pada patogenitas dari impetigo yang paling utama dihubungkan dengan penyakit jaringan yang sudah ada sebelumnya. Lepuhannya mengeluarkan isi lalu kemudian mengering dan akhirnya membentuk keropeng. Impetigo merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang menular sama seperti herpes kulit simpleks. Penularan dari penyakit impetigo ini adalah melalui cairan yang berasal dari lepuhannya. Besarnya dari lepuhan ini juga mulai dari ukuran kacang polong sampai seukuran cincin besar. Dan lepuhan ini isinya adalah cairan kekuningan yang disertai dengan gatal. Akibat dari impetigo ini bisa saja terjadi pembengkakan kelenjar getah being disekitar daerah yang mengalami infeksi.

Untuk sebagian besar pasien impetigo, pengobatan topikal haris dilakukan misalnya adalah bacitracin (Polysporin) atau mupirocin (Bactroban), erytromycin atau dicloxacillin, pemakaiannya juga diterapkan tiga kali sehari selama 7-10 hari. Terapi sistemik oral harus diberikan pada pasien dengan jenis penyakit impetigo yang lebih luas.

Pengobatan dan perawatan di luar obat :

  • Obat yang diminum biasanya merupakan antobiotik yang mengandung penisilin.
  • Obat yang dioleskan adalah salep yang mengandung antibiotic mupirosin. Sebelum mengoleskan krim cuci dahulu luka dengan air sabun dan keringkan luka untukmenghilangkan kerak. Lakukan 3-4 kali sehari sampai tidak lagi terbentuk kerak baru.
  • Bersihkan luka dengan sabun anti-bakteri. Jangan digaruk atau dikopek.
  • Infeksi ini biasanya menular.Orang lain bisa terkena infeksinya jika bersentuhan langsung. Gunakan handuk dan selimut yang berbeda.
  • Biasanya ruam hilang dengan sendirinya tetapi antibiotic sering diperlukan untuk menghilangkan infeksi.
  • Selalu cuci tangan sebelum dan setelah mengoleskan salep atau krim antibibiotik untuk menghidnari penularan .
  • Tutupi luka dengan kasa.

Besarnya lepuhan sangat bervariasi, mulai dari seukuran kacang polong sampai seukuran cincin yang besar. Lepuhan ini berisi carian kekuningan disertai rasa gatal. Bisa terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar daerah yang terinfeksi. Impetigo biasanya tidak berbahaya. Namun bila dibiarkan atau kuman yang menyerang cukup banyak, dapat terjadi komplikasi berupa rdang ginjal, infeksi tulang, radang paru, atau radang kelenjar getah bening. Kelainan standar dapat diobati secara lokal dengan salep antibiotic. Namun bila anak menderita demam dan kelainan meluas, dia perlu obat antibiotik yang diberikan melalui makanan atau minuman. Kelainan kulit ini dapat sembuh sempurna.

Pemberian salep atau krim juga biasanya akan diberikan oleh dokter, namun cara yang pertama-tama harus dilakukan adalah Anda harus merendam luka terlebih dahulu ke dalam air hangat atau bisa juga dengan menggunakan kompres yang basah untuk membantu menghilangkan bakteri yang ada pada luka tersebut. Namun, jika luka tidak kunjung sembuh dan tidak bisa diobati menggunakan antibiotik maka dokter akan mengambil sampel yang berasal dari cairan untuk melakukan pengujian untnuk menentukan jenis antibiotik apa yang bisa membantu menyembuhkan luka tersebut.

 Penyakit Impetigo

Cara Pemesanan

Propolis Melia Nature

Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Herpes dan Penyakit Lainnya

1 Botol Propolis Melia Nature Harga Rp. 115.000 dengan Isi 6 ml/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0878-8896-9797, tuliskan: Pesan Propolis Melia Nature, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( Untuk Menentukan Ongkos Kirim )


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Herpes dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Herpes Kulit and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.