Penyakit Herpes

Penyakit herpes merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang sangat menular. Penyakit herpes juga bisa terjadi  kambuh-kambuhan dan hingga saat ini masih belum diketahui obat apa yang bisa membantu untuk mengatasinya.

Penyakit Herpes

Penyakit Herpes

Penyakit herpes terbagi menjadi dua macam yaitu Herpes zoster dan Herpes simplex virus (HSV) :

Penyakit Herpes zoster

Herpes zoster (shingles) adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varicella zoster yaitu virus penyebab cacar air. Setelah serangan cacar air virus tersebut tetap tinggal di dalam sel saraf.Stres pada tubuh menyebabkan virus menjadi aktif dan menyebabkan serangan herpes. Biasanya berupa ruam yang nyeri atau gatal merupakaan tanda awal adanya  infeksi.Walaupun ruamnya telah hilang rasa sakitnya masih bisa berlanjut selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Biasanya orang awam menyebut jenis penyakit herpes zooster ini sebagai penyakit cacar ular atau cacar api. Penyakit ini bisa disebabkan akibat beberapa hal yaitu :

  1. Daya tahan tubuh yang menurun biasanya hal ini menyerang orang tua
  2. Akibat konsumsi obat imunosupresif
  3. Akibat penyakit kanker
  4. Akibat penyakit kanker darah atau leukemia dan M. Hodgkin
  5. Akibat kemoterapi dan radioterapi
  6. Akibat penyakit HIV/AIDS

Untuk penyakit herpes zooster setengah badan biasanya akan menyerang jalan saraf. Dibawah ini beberapa gejala yang muncul dari penyakit herpes zooster adalah :

  1. Sebelu munculnya lesi, biasanya penderita akan mengalami demam, pusing, lemas, serta nyeri pada otot dan juga tulang, terasa gatak, pegal, dan bisa juga terasa nyeri pada pleura dan juga paru-paru.
  2. Kemudian akan muncul benjolan-benjolan yang kecil atau vesikel pada kulit yang warnany merah, hitam, scar, dan bisa berdarah, nyeri, rasa panas seperti terbakar, dan taham. Jika muncul pada kepala biasanya akan sangat sakit sekali. Dan jika terjadi pada punggung, maka akan vesikel akan muncul pada bagian sisi tulang belakang.

Biasanya pada penyakit herpes zooster ini maka akan meninggalkan PHN (post herpetic neuralgia), yakni rasa nyeri yang berkepanjangan yag biasanya dirasakan pada orang yang usianya lebih dari 50 tahun. Hal ini dikarenakan mielin atau selubung saraf yang mengalami kerusakan karena proses peradangan yang lama. Oleh sebab itulah, mulailah mencegahnya. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga sistem imun tubuh untuk mencegah dan menghindari resiko kambuhnya penyakit herpes jenis ini.

Penyakit herpes zoster tidak menular tetapi orang yang belum pernah menderita cacar air sangat rentan tertular cacar air dari pada herpes zoster. Herpes zoster dipastikan dengan tes kulit, yaitu diambil serpihannya untuk menentukan keberadaan vorus atau dengantes darah.

Cacar air biasanya muncul 1-3 minggu setelah pemaparan virus.Masa penularan cacar air itu sendiri adalah sebelum luka cacar muncul dan sampai luka cacar belum mengerak. Herpes zoster yang aktif biasanya tidak lebih lama dari 3-5 minggu.Namun terdapat dua komplikasi yang sering terjadi. Yaitu postherpetic neuralgia (PHN). Rasa  nyeri tetap terjadi dirasakan walaupun ruam telah hilang dan infeksi bakteri pada lepuhan.

Penyakit Herpes simplex virus (HSV).

HSV ada dua macam :

  • HSV-1 yang biasanya menginfeksi bibir dan menyebabkan luka di bibir (cold sore) bisa juga menyebabkan herpes. Kelamin.
  • HSV-2 biasanya adalah penyebab herpes kelamin tetapi bisa menginfeksi bibir.HSV tinggal seumur hidup didalam sel saraf yang terinfeksi dan bisa menimbulkan gejala  herpes kambuhan. HSV ini bersifat sangat menular melalui kontak kulit atau saliva.Periode yang paling menular adalah saat munculnya lepuhan cold sore.

Pengobatan Herpes

Obat dapat mengurangi tingkat keparahan luka herpes dan mencegah ambuh lagi tetapi tidak bisa mengobati penyakitnya.Dosis dari obat yang digunakan berbeda tergantung tipe virus yang menyerang, dan apakah dosis ditunjukan untuk serangan herpes pertama atau kambuhan sebagai pencegahan. Anti virus yang digunakan untuk mengobati herpes adalah asiklovir baik dlaam bentuk tablet, salep maupun tetes mata.

Penderita herpes sebaiknya mengonsumsi obat secepatnya sebagaimana dianjurkan dokter dan tetap dialanjutkan walaupun merasa sudah sembuh. Jika menggunakan obat yang dioles cucilah tangan sebelum dan setelah mengoleskan obat untuk mencegah penularan. Dosis asiklovir dalam sehari cukup sering. Jika satu dosis terlewatkan segera minum saat ingat.Kecuali jika bersamaan dengan dosis selanjutnya, maka dosis yang terlupakan dilewat saja dan lanjutkan jadwal obat selanjutnya. Asiklovir harus diminum dengan segelas penuh air dan setelah makan untuk mengurangi resiko perut nyeri. Memang hingga saat ini memang belum ada obat herpes simpleks genital, penyediaan layanan kesehatan tersedia dan biasanya dokter akan meresepkan obat anti viral untuk membantu menangani gejala dan juga untuk membantu mencegah serta terjadinya outbreaks. Hal ini bisa membantu untuk mengurangi potensi dan resiko dari menularnya penyak herpes pada pasangan seksual Anda.

Penyakit Herpes

Cara Pemesanan

Propolis Melia Nature

Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Herpes dan Penyakit Lainnya

1 Botol Propolis Melia Nature Harga Rp. 115.000 dengan Isi 6 ml/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0818-0635-7728, tuliskan: Pesan Propolis Melia Nature, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( Untuk Menentukan Ongkos Kirim )


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Herpes dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Herpes Kulit and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.