Herpes Kulit Pada Bayi

Herpes Kulit Pada Bayi- Pada anak dan bayi juga sering tumbuh cacar herpes di sekitar mulut dan hidung. Biasanya sebab tertular oleh orang dewasa yang menciumnya. Maka, hindarkan kebiasaan orang dewasa (asing) yang suka mencium bayi, sebab dengan cara begitu kemungkinan menularkan herpes bibir kalu bukan pada mulutnya.

Herpes Kulit Pada Bayi

Herpes Kulit Pada Bayi

Herpes kulit merupakan suatu penyakit kulit yang ditandai dengan gejala akibat serangan dan infeksi dari virus herpes simpleks. Gejalanya yang muncul pada umumnya adalah berupa lepujan atau vesikel yang terjadi pada daerah sekitar mulut dan hal ini biasanya sering menyerang anak-anak melalui jalan penularan seperti kontak langsung atau juga bisa melalui infeksi dari calon ibu ke bayi disaat sedang terjadi proses persalinan. Penyakit herpes kulit memang sampai saat inibelum diketahui obat apa yang pasti bisa menyembuhkannya sampai tuntas hal ini disebabkan kakrena virus yang ada di dalam saraf dan kemudian akan mengalami kambuhan jika daya tahan tubuh anak kita mengalami penurunan. Namun, hal yang harus diketahui adalah herpes kulit jarang menyebabkan kematian, kecuali untuk anak yang biasanya mengalami penurunan berat badan menurun drastis dan juga penderita HIV AIDS.

Itulah seputar penyakit herpes kuit simpleks. Sedangkan jenis herpes kulit lainnya yang sering menyerang bayi adalah penyakit herpes varicella zooster. Penyakit ini biasa kita sebut dengan sebutan cacar air. Cacar air merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena adanya serangan virus varicella, dan gejala yang khas dari penyakit ini adalah lepuhan yang muncul biasanya setelah gejala atau ciri-ciri dari prodomal terlebih dahulu. Dan sekali anak atau bayi terkena cacar air maka ia akan kebal untuk seumur hidupnya jadi serangan penyakit cacar air ini hanya akan menyerang anak sekali seumur hidupnya. Dan jika daya tahan tubuh anak menurun akibat serangan atau infeksi virus maka bisa bertahan d alam tubuh dan juga akan muncul kembali sebagai penyakit herpes zooster atau yang biasa dikenal dengan sebutan cacar air atau cacar ular yang biasanya akan muncul dengan gejala seperyi lepuhan serta nyeri pada sekitar saraf yang mengalami infeksi.

Gambar : Salah satu jenis herpes kongenital yang merupakan herpes kulit yang dapat ditularkan pada bayi yang berasal dari ibu penderita herpes tersebut.

Jumlah bayi yang benar-benar terinfeksi herpes setelah lahir sangat kecil, 1 dalam 4000 sampai 5000. Namun, bayi-bayi yang menderita herpes mempunyai angka kematian 40%. 2/3 dari yang selamat mempunyai masalah saraf yang serius atau kerusakan mata.

Bayi dapat terinfeksi herpes kulit pada bayi selama kelahiran karena herpes ditularkan melalui jalan lahir. Hal ini dapat menyebabkan infeksi herpes kulit pada bayi yang parah pada bayi. Jika anda pernah terkena  herpes genital, beri tahu dokter. Mungkin perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala selama kehamilan, untuk melihat apakah anda terkena penyakit ini.

Gejala herpes kulit pada bayi atau anak sama hal yang terjadi pada orang dewasa, yakni :

  1. Suhu tubuh bayi/anak menjadi tinggi (demam)
  2. Rasa sakit pada tenggorokan, sehingga membuat anak menangis terus-menerus
  3. Terdapat bintik merah pada kulit yang akhirnya akan membentuk gelembung cair yang disertai dengan sakit perut.

Untuk pengobatan penyakit herpes maka hal yang bisa dilakukan adalah pemeriksaan ke dokter, dan biasanya dokter akan memberikan obat untuk membantu meredakan rasa nyeri dan juga demam. Pemberian obat paracetamol. Dan pada umumnya biasanya dokter akan memberikan obat asiklovir tablet sebagai salah satu obat antiviral yang bertujuan untuk membantu mengurangi dan meredakan rasa demam dan juga nyeri. Dan untuk kasus yang lebih serius lagi, maka obat lainnya yang diberikan adalah dengan melalui pengobatan terapi infus asiklovir, dan harus dibawah anjuran serta pengawasan dokter.

Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit herpes adalah dengan menjaga kesehatan dan kebersihan pada daerah yang mengalami infeksi dengan cara membersihkannya menggunakan sabun dan juga air. Kemudian pada daerah ini dikeringkah. Jika dibiarkan lembab maka akan menyebabkan peradangan menjadi semakin parah, dan malah bisa memperlambat proses penyembuhan dan malah memudahkan infeksi bakteri lebih banyak tumbuh.

Pemberian antibiotik jenis Neosimin-Basitrasin untuk membantu mengobati infeksi dari bakteri. Dan jika infeksi dari bakteri terjadi semakin hebat dan kuat maka akan menyebabkan suatu gejala tambahan, dan bisa diberikan obat antibiotik per-oral atau juga melalui suntikan. Krim anti virus juga bisa diberikan untuk membantu mengobati infeksi bakteri yang terjadi. Krim antivirus yang bisa diberikan misalnya adalah Idoksuridin, Trifluridin dan Asiklovir yang cara pakainya adalah dengan dioleskan pada bagian lepuhan dengan langsung. Asiklovir atau yang biasa disebut juga engan vidarabin per oral bisa digunakan untuk jenis infeksi virus herpes yang kasusnya berat dan meluas.

Herpes Kulit Pada Bayi

 


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Herpes dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Herpes Kulit and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>